Kamis, 29 September 2011

124 RTSM Terima Bantuan Usaha

Sebanyak 124 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Lamongan yang masih produktif usaha, Selasa (20/9) menerima bantuan peralatan produksi di Pendopo Lokatantra setempat. Bantuan untuk masyarakat di lima kecamatan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Fadeli di dampingi Wabup Amar Saifudin.
“Manfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini untuk kegiatan usaha. Jangan sampai dijual dengan nilai yang tidak seberapa dan hanya bermanfaat dalam jangka pendek saja, “ tandas dia kepada penerima bantuan.
Dia menyebut bantuan tersebut bagian dari Program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Masyarakat (Jalinkesra) Pemprov Jatim. Dia berharap, program itu akan bersinergi dengan program di Lamongan yang sudah berjalan seperti Gemerlap.
“Bantuan ini adalah bentuk perhatian Gubernur Jatim pada masyarakat Lamongan. Jumlah bantuannya pun naik dua kali lipat disbanding tahun lalu yang sekitar 60 unit peralatan. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “ kata dia.
Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Lamongan Mubarok menjelaskan bahwa sebelumnya ditargetkan ada 129 RTSM di Lamongan yang menjadi sasaran verifikasi penerima bantuan. Selanjutnya dari hasil verifikasi itu, 124 RTSM bisa direalisasikan bantuannya karena memenuhi syarat. Sementara 5 RTSM sisanya tidak memenuhi syarat sebagai penerima bantuan.
Sedangkan Seksi Pengendalian Simpan Pinjam pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Pemprov Jatim Eddi Wiyono menjelaskan program bantuan itu sebagai bagian untuk mengatasi masalah kemiskinan di Jatim. Dia menyebutkan di Jatim saat ini ada 3.079.816 RTM. Dari jumlah tersebut, 1.330.690 kk masuk kategori hampir miskin, sebanyak 1.256.122 kk masuk kategori miskin dan 493.004 kk masuk kategori sangat miskin.
Bantuan yang diberikan terdiri dari peralatan pertukangan kayu, alat tambal ban dan alat tukang blas. Juga berupa alat becak mesin, mesin jahit manual dan mesin jahit listrik.