Senin, 26 September 2011

BUAH ASAM

Buah asam, adalah nama buah yang rasanya sangat asam pastinya. Tetapi bila ditinjau dari rasanya yang asam kita akan teringat dengan jenis buah asam, yaitu :

ASAM JAWA









Bentuk buahnya seperti polong yang menggelembung. Daging buahnya putih kehijauan ketika masih muda, kemudian menjadi merah coklat sampai kehitaman ketika sudah masak. Asam jawa yang sudah masak, dikupas dan dibuang bijinya dikeringkan disebut asam kawak .
Buah asam yang masih muda biasanya dipakai untuk pelengkap masakan.
sedangkan asam yang tua atau disebut asam kawak bisa dipakai untuk syrup, selai, gula-gula dan jamu.

Ternyata bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat tapi juga daunnya.
Daun asam yang masih muda (bhs Jawa: Sinom) digunakan dengan kunyit untuk membuat jamu tradisional yaitu jamu sinom dan untuk minuman kesegaran.

Buah asam jawa mengandung bermacam-,macam asam yaitu asam folat, asam malat, asam sitrat, asam suknisat. asam asenat yang berguna untuk memudahkan buang air besar. Juga untuk meluncurkan peredaran darah. Buah asam juga bersifat anti radang.

ASAM GELUGUR










Buah asam gelugur ini di potong tipis dan dikeringkan, sering dipakai sebagai pemberi rasa asam pada masakan sumatera.
Selain menambah sedap masakan, asam gelugur memiliki banyak khasiat antara lain :

- Obat radang gusi Caranya : ambil sekeping asam gelugur kemudian dicuci dan diremas sampai bisa dibuat gumpalan. Kemudian tempelkan di antara celah gusi dan pipi selama 10-15 menit, kemudian kumur dengan air hangat
- Obat rematik.
Ambil kulit buah asam gelugur lalu direbus. Air rebusan di minum selagi hangat.

ASAM KANDIS.











Tumbuhan asli Sumatera ini telah lama digunakan sebagai bumbu dapur sehingga aman digunakan. Ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu, asam kandis juga berkhasiat sebagai antikolesterol. Ditangan seorang sarjana farmasi Fatma Sri Wahyuni sedang diteliti tentang khasiat asam kandis sebagai obat kanker paru-paru