Kamis, 29 September 2011

Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak

Konsentrasi otak merupakan hal penting untuk bisa memecahkan suatu permasalahan hidup. Tanpa konsentrasi anda akan dihadapkan dengan banyak masalah tanpa ada satupun penyelesaian yang didapat. Sebenarnya cara meningkatkan konsentrasi otak dapat diperoleh dengan cara sederhana seperti yang akan dipaparkan berikut ini :


Konsumsi makanan sehat
Otak memerlukan nutrisi dan vitamin yang cukup agar dapat bekerja dengan prima. Dengan memakan makanan sehat berupa sayuran, daging dan buah-buahan maka akan menyalurkan vitamin yang cukup kepada otak anda. Sedangkan sebaliknya jika anda kurang mengkonsumsi makanan sehat atau bahkan anda sering dalam keadaan lapar maka hal ini akan berdampak pada produksi gula darah yang akan mengurangi kemampuan dalam berkonsentrasi.

Tidurlah dengan cukup
Otak yang bekerja seharian akan menjadi rileks kembali setelah bangun dari tidur. Aturlah jadwal pekerjaan anda dengan memperhatikan waktu tidur yang cukup. Kekurangan waktu tidur dapat melemahkan kemampuan Anda untuk fokus terhadap sesuatu. Rasa lelah akibat kurang tidur mempengaruhi produksi unsur kimia pada otak yang dapat mengurangi daya konsentrasi dan lebih parah lagi anda akan menjadi seorang pelupa.

Jangan stress
Masalah yang rumit, jadwal yang padat dan tekanan mental yang kuat dapat menjadikan anda stress. Luangkanlah sedikit waktu anda untuk menghirup udara segar atau sekadar bermain-main di taman yang akan mengurangi stress. Karena jika anda stress maka otak akan melepaskan sejenis hormon yang berdampak pada kemampuan otak dalam berkonsentrasi dan akan mempengaruhi tingkat memori dan kemampuan daya fokus Anda.

Olahraga secara teratur
Orang yang melakukan aktivitas olahraga dengan teratur akan lebih mudah dalam memfokuskan diri serta memiliki konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan olahraga. Lakukan olahraga seperti berjalan, berlari, naik sepeda dan olahraga lainnya yang anda sukai. Dengan menjaga tubuh agar tetap beraktifitas sehat adalah hal yang dapat membuat anda lebih mudah untuk berkonsentrasi. Konsentrasi dan menguatkan daya ingat diperlukan oleh orang dewasa, anak, siswa untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari.