Kamis, 29 September 2011

Cara Mudah Menjodohkan Burung Perkutut

Cara menjodohkan burung perkutut memang diperlukan kesabaran, karena ada beberapa prilaku perkutut yang kadang tidak segera mau dijodohkan. Diperlukan beberapa indukan supaya mendapatkan jodoh yang cocok dan bisa segera melangsungkan perkawinan.


Ciri burung perkutut yang sudah jodoh adalah terlihat akrab dan saling berdekatan antara jantan dan betina di dalam kandang. Si perkutut jantan akan terus menggoda perkutut betina dengan berciuman dan menaiki punggung betina berkali-kali. Disaat keduanya telah cukup pemanasan barulah akan terjadi perkawinan. Setelah kawin maka keduanya akan mulai sibuk dengan persiapan membuat sarang.

Sedangkan apabila burung perkutut tidak jodoh maka akan terjadi keramaian yaitu berkelahi dan saling patuk antara perkutut jantan dan betina. Jika hal ini dibiarkan maka bisa jadi si betina terluka. Untuk menghindari kejadian seperti ini maka potonglah bulu sayap burung perkutut jantan agar gerakannya tidak terlalu agresif. Selain itu sediakanlah kandang yang lebih luas agar burung perkutut bisa lebih bebas bergerak untuk menyesuaikan keadaan. Untuk meminimalisir terjadinya perkelahian maka masukanlah si jantan kedalam kandang betina dengan masih menggunakan penyekat. Jika jantan terlihat bersahabat barulah dilepas keluar sekat dan bergabung dengan perkutut betina.

Jika tidak adanya ketertarikan dari kedua burung perkutut tersebut maka segeralah ganti pasangannya dengan perkutut yang lain, mungkin memang keduanya bukan jodohnya. Jadi harus punya kesabaran yang tinggi dalam pemilihan bahan pasangan burung perkutut kesayangan anda.