Kamis, 29 September 2011

Desa Karangsari menjadi sasaran program keserasian sosial

Sulang- Desa Karangsari, kecamatan Sulang, tahun ini menjadi sasaran program keserasian sosial dari kementerian sosial. Hal itu disampaikan kepala dinas sosial, tenaga kerja dan transmigrasi (Dinsosnakertrans) kabupaten Rembang-Suranto dalam sosialisasi sosial keliling, di balai desa Karangsari, rabu kemarin.


Suranto mengqtakan program keserasian sosial tersebut merupakan keinginan Kementerian Sosial untuk menyatukan asumsi-asumsi di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan gotong-royong. Desa Karangsari dipilih dalam proyek keserasian social karena di desa bersangkutan, pada beberapa tahun yang lalu, pernah terjadi konflik social antar desa.


Menurut Suranto Pelaksanaan program ini berbentuk pola gotong royong di masyarakat secara langsung untuk membangun fasilitas umum. Dicontohkan kegiatan gotong royong yang dimaksud yakni pembangunan fasilitas umum, seperti pembuatan jalan di desa, maupun pembangunan Masjid. Jadi masyarakat desa melakukan gotong royong membangun fasilitas umum untuk kepentingan bersama, sementara pemerintah menyediakan dananya.


Sementara alokasi dana yang akan disediakan dari kementrian sosial untuk program ini rencananya setiap desa yang menjadi sasaran program ini, diperkirakan akan mendapatkan dana sebesar Rp100 juta. Desa-desa yang menjadi sasaran tersebut yakni desa yang memiliki beragam agama dan suku, dan desa yang rawan konflik sosial serta desa yang rawan bencana alam.