Kamis, 29 September 2011

Manfaat Teh Bunga Rosella Merah

Bunga rosella merah bukan hanya enak dipandang tapi juga penuh dengan khasiat. Minuman dari bunga rosella dapat menghilangkan efek mabuk, minuman diet, batuk, atau diabetes. Selain itu bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi. Mengenai manfaat teh bunga rosella merah dapat anda simak berikut ini :


Cara Membuat Teh Bunga Rosella Merah
Untuk mendapatkan teh rosela, bunga yang sudah dipetik, dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari agar memudahkan pemisahan lidah kelopak dengan bijinya. Kemudian cuci air bersih dan jemur kembali selama 3-5 hari. Remas kelopaknya, jika mudah menjadi bubuk artinya kadar air telah mencapai 4-5%. Setelah itu seduh 2-3 g teh rosela dengan air mendidih hingga larut dan air berubah menjadi kemerahan.

Manfaat Bunga Rosella Merah
Manfaat bunga rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, Hipertensi, Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol. Kelopak bunga rosela diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Khasiat Rosella Merah Untuk Hipertensi
Pemberian ekstrak kelopak rosela yang mengandung 9,6 miligram anthocyanin setiap hari selama 4 minggu, mampu menurunkan tekanan darah yang hampir sama dengan pemberian captopril 50 mg/hari. Rosela terstandar tersebut dibuat dari 10 gram kelopak kering dan 0,52 liter air (Herrera-Arellano, 2004). Terdapat penurunan tekanan darah sistolik sebesar 11,2 % dan tekanan diastolik sebesar 10,7% setelah diberi terapi teh rosela selama 12 hari pada 31 penderita hipertensi sedang (Haji Faraji, 1999).

Manfaat Bunga Rosella Untuk Asam Urat
Dengan mengonsumsi rosela, ditemukan penurunan kreatinin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat dalam urin pada 36 pria yang mengonsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dl/hari. Bunga rosella ini dapat diolah menjadi selai, jeli, salad buah dan minuman.