Kamis, 29 September 2011

Monev pelaksanaan program desa berkembang

Sulang-Pemkab Rembang melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPM PKB ) Kabupaten Rembang baru baru ini melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program desa berkembang di desa Pranti kecamatan Sulang.


Kepala Desa Pranti Dahlan mengatakan dari Pelaksanaan hasil monev selama 4 bulan dinilai telah berjalan lancar dan sesuai dengan peruntukkannya. Apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama telah dilaksanakan dengan baik dan transparan.


Diungkapkannya, bantuan dari pemerintah Propinsi dipergunakan untuk 2 kegiatan yakni modal usaha dan bidang peternakan. Untuk modal usaha telah dibentuk 7 kelompok dengan anggaran sebesar Rp 70 juta. Sedangkan untuk bidang peternakan hanya dibentuk 1 kelompok, terdiri dari 20 orang, dengan anggaran Rp 22,5 juta.


Untuk jenis kegiatan dibidang peternakan meliputi pengadaan bibit kambing, imunisasi cacing, suntik vitamin dan inseminasi buatan. Untuk pengadaan bibit kambing khususnya induk kambing diberikan kepada warga miskin absolut dan digulirkan kepada warga lainnya. Sedangkan untuk usaha permodalan diberikan kepada para pengusaha produktif.


Pihak desa berharap agar program desa berkembang ini dapat dilaksanaklan secara berkelanjutan. Sehingga manfaatnya nanti dapat dirasakan oleh semua elemen masyarakat yang ada di desa.