Rabu, 28 September 2011

Pilihan Ketua RT Unik, Panitia Sediakan Doorprise

Rembang-Pemilihan Ketua RT 3-RW 1 Kelurahan Leteh Kecamatan Rembang belum lama ini, berlangsung cukup unik. Selain dilaksanakan layaknya pemilihan umum presiden, panitia juga menyediakan dorprize untuk warga setempat yang menyalurkan hak pilihnya.


Suhabhudin selaku ketua panitia menjelaskan, kegiatan halal bihalal lingkup RT 3-RW 1 Kelurahan Leteh belum lama ini, sekaligus dimanfaatkan untuk melakukan restrukturisasi kepengurusan RT setempat. Kegiatan berlangsung meriah karena warga antusias menyalurkan hak pilih secara demokratis dan menunggui jalannya pemilihan hinggga diakhiri dengan pembagian hadiah kejutan yang disediakan oleh panitia.


Lanjut Suhabhudin, pemilihan Ketua RT dirancang mirip pilpres dan semua warga yang memenuhi ketentuan menyalurkan hak pilih diberi undangan. Setiap undangan diberi nomor dan di akhir kegiatan diundi untuk memperebutkan hadiah kejutan yang disediakan. Diantaranya sepeda kayuh, televisi, DVD player, kipas angin, dispenser, rice cooker dan setrika.


Suhbbudin menambahkan, rangkaian kegiatan pemilihan Ketua RT didanai keuangan kas, sedangkan hadiah kejutan diperoleh dari donatur dan semua donasi dilaporkan secara transparan dalam laporan pertanggungjawaban panitia. Agenda serupa telah dijadwalkan dilaksanakan terus saat dilakukan pemilihan Ketua RT, periode berikutnya. Karena dana yang dikeluarkan tidak memberatkan keuangan kas RT setempat yang diperoleh dari berbagai iuran dan pungutan dari warga.


Terpisah, Janu Iswadi salah satu warga yang menyalurkan hak pilihnya mengatakan, terobosan panitia menyediakan hadiah kejutan layak diacungi jempol, karena menjadi hiburan tersendiri. Meski hal itu bukan menjadi tujuan utama warga setempat menyalurkan hak pilih, namun lebih mengutamakan proses pemilihan yang dilaksanakan secara demokratis.