Minggu, 25 September 2011

WAKIL BUPATI BUKA RAKOR PKH


Kemiskinan merupakan permasalahan umum dan menjadi salah satu dari pekerjaan Pemerintah yang harus diselesaikan secara komprehensif.

Mengurangi kemiskinan harus ditangani dengan serius, oleh karenanya solusi yang dikeluarkan Pemerintah dalam hal tersebut antara lain dengan mengeluarkan Program Keluarga Harapan (PKH).

Tujuan utama PKH adalah membantu mengurangi kemiskinan dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada kelompok masyarakat sangat miskin. Dalam jangka pendek, bantuan ini membantu mengurangi beban pengeluaran RTSM, sedangkan untuk jangka panjang, dengan mensyaratkan keluarga penerima untuk menyekolahkan anaknya, melakukan imunisasi balita, memeriksakan kandungan bagi ibu hamil, dan perbaikan gizi, diharapkan akan memutus rantai kemiskinan antar generasi.

Tidak terlepas hal tersebut di atas, beberapa Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga mendapatkan PKH.

Kesuksesan Program Keluarga Harapan ini sangat ditunjang oleh kematangan perencanaan, pelaksanaan yang menyeluruh dan evaluasi yang baik, sehingga dilaksanakanlah Rapat Koordinasi yang bertujuan untuk lebih mensinergikan pelaksanaan PKH di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Senin (26/9) bertempat di aula Dinas Kesejahteraan Sosial dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Hulu Sungai Selatan diselenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Keluarga Harapan (PKH) Tingkat Kabupaten/Kota tahun 2011 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Rakor tersebut dibuka oleh Wakil Bupati HSS H. Ardiansyah, S. Hut. Hadir dalam acara itu Tim Koordinasi Praktisi PKH Pusat (UPPKH Pusat) Ir. Rizal Zulkifli dan Staf Direktorat Jenderal Jaminan Sosial Yuniar Setiabudi, Tim Koordinasi Unit Pelaksana PKH Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kepala Kantor Kemeneg Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Bappeda Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Badan Pusat statistik Kabupaten Hulu Sungai Selatan, PT. Posindo Kandangan, Kantor anggota Tim Koordinasi Unit Pelaksana PKH Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Fasilitas Pendidikan PKH lokasi PKH di HSS dan Fasiltas Kesehatan PKH lokasi PKH di HSS dan para Pendamping serta Operator.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati HSS H. Ardiansyah, S. Hut menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia, Tim PKH Pusat dan Tim PKH Provinsi Kalimantan Selatan yang telah memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Wakil Bupati menyatakan bahwa tujuan utama PKH ini untuk mengurangi kemiskinan dan juga meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

Selanjutnya Wakil Bupati menyebutkan, bahwa pertama Pemerintah Kabupaten hulu Sungai Selatan berkomitmen kuat untuk mengurangi jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, tidak terlepas dengan hal tersebut juga komitmen semua fihak yang hadir agar mempunyai komitmen yang sama untuk membantu orang yang tidak mampu dan mengurangi rumah tangga masyarakat miskin di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Yang kedua adalah niat. Dengan niat yang tinggi, maka akan memberikan nuansa yang lebih dalam bekerja untuk mengentaskan kemiskinan dan yang terakhir berdo’a.

Bandot Hariadi selaku panitia penyelenggara sebelumnya dalam laporan menyebutkan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi tersebut untuk menginformasikan kebijakan-kebijakan yang berkembang dalam pelaksanaan PKH di Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun 2011 dan terinformasikannya permasalahan dan kebutuhan di lapangan demi terwujudnya kesepakatan dari semua pihak yang terkait dalam upaya pemecahannya sehingga PKH dapat dilaksanakan secara baik dan terpadu sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing. (humas_hss)