Kamis, 08 September 2011

Warga bisa membuat sumur resapan

Sulang-Desa Pranti kecamatan Sulang baru baru ini telah menerima bantuan berupa pembangunan embung dari pemerintah propinsi Jateng sebesar Rp 100 juta. Pembangunan embung ini oleh pihak desa setempat dialokasikan di Rw 03 yang selama ini dirasa masih sangat kekurangan akan air bersih.


Kepala desa Pranti Dahlan mengungkapkan selama ini untuk kebutuhan air bersih di dukuh Pranti kidul atau di Rw 03 ini sangat kekurangan. Tidak seperti di beberapa RT lainnya yang sudah memiliki sumber air PAM lewat program pengadaan air bersih ( PAB ) tahun 2010 lalu.


Pembangunan embung ini pengerjaannya sudah mencapai 90 %. Sedangkan luas ran embung 50 x 75 meter, dengan kedalaman 4,5 meter. Setelah pembangunan embung ini nanti selesai paling tidak warga harus sabar untuk bisa memanfaatkan air yang ada di embung tersebut. Pasalnya untuk menampung sumber air dari dalam tanah ke dalam embung ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Paling tidak 2- hingga 3 tahun lagi. Namun warga tidak perlu risau karena warga nanti bisa membuat sumur resapan yang ada di sekitar embung disaat musim kamarau seperti sekarang ini.


Ditambahkannya, sebenarnya embung yang dibangun saat ini akan dimanfaatkan untuk menampung air baku. Jadi air yang ada diembung ini untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, seperti mencuci, mandi dan kebutuhan lainnya.


Sebelumnya warga desa Pranti juga telah mendapatkan bantuan droping air bersih sebanyak 40 tangki dari Bakorwil Pati. Kebutuhan air bersih ini sangat dibutuhkan utamanya dalam memenuhi kebutuhan sehari hari.