Selasa, 04 Oktober 2011

Bisnis Jasa Pengiriman Oleh-oleh Melonjak 300%

Selasa, 04/10/2011 15:49 WIB
Bisnis Jasa Pengiriman Oleh-oleh Melonjak 300% 
Bagus Kurniawan - detikFinance





Yogyakarta - Jasa pengiriman layanan Pesanan Oleh-oleh Nusantara (Pesona) yang dilakukan PT JNE mengalami peningkatan hingga 300%. Sekitar 1 juta paket layanan Pesona terkirimkan ke semua pelanggan di seluruh Indonesia.

"Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2010 hingga kini, paket layanan Pesona meningkat hingga 300%," kata Chief Executive Officer (CEO) JNE, Johari Zein dalam acara 'Sajian Pesona Kuliner Indonesia 2011' di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Selasa (4/10/2011).

Menurut Johari, Pesona merupakan salah satu produk unggulan JNE berupa layanan pengiriman makanan dari daerah asal langsung ke tempat pelanggan. Hal ini juga merupakan salah satu inovasi dan salah satu cara baru menikmati produk makanan khas dalam negeri.

Dia mengatakan oleh-oleh berupa produk makanan dan barang kerajinan saat ini juga semakin meningkat jumlahnya. Setiap orang yang berkunjung di suatu tempat pasti akan membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga, kerabat dan teman-teman dekatnya.

"Namun adanya layanan Pesona, orang yang ingin makan gudeg Yogya, Pempek Palembang atau Bolu Gulung Medan nggak perlu harus datang ke tempat asalnya, tapi cukup pesan pada kami, pasti sampai," kata Johari.

Dengan cara layanan seperti itu kata Johari, pelanggan tidak perlu keluar banyak uang untuk biaya-biaya yang lain. Harga makanan yang dipesan juga sama, hanya ditambah ongkos kirim.

"Kurang dari 24 jam pesanan juga akan sampai ke pelanggan. Pesanan bisa langsung di kantor cabang di semua daerah dan secara online," katanya.

Johari menambahkan layanan ini juga akan membantu pemasaran produk-produk lokal terutama meningkatkan daya saing pelaku usaha di sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi terutama produk makanan dan kerajinan. "Banyak pelaku usaha di daerah-daerah yang terbantu dan mengalami peningkatan omset setelah adanya layanan tersebut," katanya.

Sementara itu Senior Corporate Communication Manager JNE Visi Firman menambahkan sajian Pesona keluner yang digelar di Yogyakarta ini merupakan yang pertama sekaligus untuk memperkenalkan pariwisata Yogyakarta dan Indonesia secara umum. Ada ratusan macam produk makanan yang dapat dipesan melalui layanan tersebut.

"Di semua daerah yang sering dikunjungi wisatawan, kami siap melayani pesanan. Ada 20 makanan yang terlaris dipesan pelanggan diantaranya, pempek, keripik balado, bolu gulung, brownies, bika Ambon, lumpia, kopi, bakpia, pisang molen, keripik pisang keju, batagor dan lain-lain," jelasnya.

Menurut dia makanan yang dikirimkan adalah makanan yang sudah lolos kelayakan produk, mempunyai izin resmi Kementrian Kesehatan dan tidak mudah rusak. Makanan yang dikirimkan dipastikan sama seperti tempat asalnya. Saat menjelang lebaran tahun ini juga mengalami peningkatan pengiriman ke seluruh Indonesia.

"Harga sama dan cukup menambah biaya ongkos kirim dan minimum berat 1 kg," kata Visi.

(bgs/hen)
Sumber:
http://finance.detik.com/read/2011/10/04/154934/1736701/4/bisnis-jasa-pengiriman-oleh-oleh-melonjak-300