Rabu, 05 Oktober 2011

Daya serap telur pada bulan selo

Daya serap pasar terhadap telur ras sangat besar pengaruhnya pada bulan-bulan jawa. Sebagaimana kita ketahui setelah lebaran atau syawal kita memasuki bulan jawa selo. Seperti sudah merupakan kebiasaan bahwa pada bulan selo ini daya serap pasar pasti melemah. Melemahnya daya serap pasar pasti akan di ikuti dengan turunnya harga. Sedangkan naiknya daya serap akan berpengaruh terhadap kenaikan harga.

Tinggi atau rendahnya harga telur faktor utamanya adalah sedikit atau banyaknya jumlah populasi produksi. Sedangkan naik atau turunnya harga sangat dipengaruhi oleh besar atau kecilnya daya serap pasar. Jadi meskipun pada saat harga sangat tinggi, ketika memasuki bulan-bulan yang daya serap pasarnya rendah harga juga pasti akan turun. Hanya saja turunya harga tidak akan serendah jika populasi produksi sedang berlebihan.

Setelah bulan selo ini kita akan memasuki bulan besar dan biasanya pada bulan Besar ini daya serap pasar sudah cenderung membaik. Sebetulnya pada saat daya serap pasar itu rendah, bukan hanya peternak saja yang kurang bergairah, tetapi pedagangnya juga begitu. Hal ini dikarenakan pada saat daya serap pasar itu rendah, meskipun harga telur di peternak itu relatif rendah tetapi permintaan dari pelangganpun juga cuma sedikit. Sehingga keuntungan yang bisa didapatpun juga tidak bisa terlalu besar.

Menyikapi kondisi seperti ini, sebaiknya peternak tetap fokus pada kualitas pemeliharaannya karena jika karena harga kurang bagus dan kita juga kurang semangat dalam menangani ternaknya maka pada saat harga kembali membaik maka produksinya tidak akan bisa maksimal seperti yang kita harapkan. Sedangkan untuk para pedagang, meskipun pada kondisi seperti ini kurang bisa mendapatkan keuntungan yang besar karena daya serap pasar yang rendah dan biasanya pada saat telur murah seperti ini juga banyak pedagang pendatang baru yang jual dengan harga murah, sebaiknya tetap semangat juga dalam menjalin hubungan baik dengan peternak maupun pelanggan pasarnya. Dengan terjalinnya hubungan yang tetap baik tersebut, maka pada saat daya serap pasar mulai membaik, andapun akan mendapatkan keuntungan yang semakin baik juga.