Selasa, 04 Oktober 2011

Jenis-Jenis Kandang Kelinci Hias

Siapa yang tak kenal dengan hewan yang lucu bertelinga panjang yang satu ini? Banyak sekali orang membudidayakan kelinci sebagai hewan ternak, tapi ada pula yang memeliharanya sebagai Hewan Peliharaan. Merewat kelinci hias tidak terlalu susah.

Kadang kelinci hias adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. kandang kelinci hias sama halnya seperti rumah bagi kelinci, memerlukan penataan dan perawatan khusus agar kelinci-kelinci hias anda bisa nyaman tinggal di dalamnya.

Jenis-Jenis Kandang Kelinci Hias
Kandang atau rumah kelinci ini bisa kita desain sedemikian rupa sehingga menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi kelinci.

* Kita bisa membuat kandang kelinci hias seperti kandang pada umumny yang berupa kotak dan terbuat dari triplek atau kayu. Kota kayu ini kemudian diberi empat kaki, sehingga kandang ini tidak menempel pada tanah. Bagian bawah, sebaikanya memakai bambu yang batangnya melengkung atau bisa juga memakai kawat. Ini bertujuan agar kotoran dan sampah yang ada di kandang kelinci bisa langsung jatuh ke bawah, ke tanah atau ke tempat penampunga kotoran yang sudah disediakan.

* Jenis kandang yang lain adalah tipe kandang terbuka, bentuknya kotak berjeruji kayu dan tanpa atap (mirip tempat tidur bayi yang diberi jeruji kayu). Umumnya kandang tipe ini berukuran besar dan agak tinggi, bisa ditaruh di dalam rumah sehingga kelinci hias bisa sepuasnya tanpa harus berkeliaran di luar rumah. Khusus untuk tipe kandang seperti ini, sediakan "toilet" khusus bagi kelinci (sebelumnya, anda harus melatih kelinci hias ini dari kecil untuk buang air pada tempatnya).

* Untuk sebagian orang, kelinci hias malah tidak memiliki kandang. Mereka dibiarkan berkeliaran baik di dalam maupun di luar rumah. Sebagai gantinya, pemilik kelinci akan membuat/membeli kandang yang fungsinya hanya sebagai tempat tidur.  Bentuk dari kandang tipe ini tidak terlalau rumit, hanya sebuah kandag kecil dengan berbagai bentuk (misalnya bentuk rumah, bentuk kotak biasa, dll) yang luasnya hanya cukup bagi kelinci untuk tidur.