Selasa, 04 Oktober 2011

Kafe Peter Jones, Tersohor Berkat Kopi Luwak

Kafe Peter Jones, Tersohor Berkat Kopi Luwak
Views :236 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 03 Oktober 2011 14:03
Karena proses dan rasanya yang khas, kopi luwak asal Indonesia dinobatkan sebagai kopi termahal dan terunik di dunia. Saat orang Inggris ditanya, kopi apa yang paling mahal di dunia? Tidak heran jika bangsa peminum teh ini akan menjawab kopi luwak (civet coffee). Sebab, di Inggris kopi yang berasal dari sistem pencernaan luwak dan keluar bersama kotorannya itu dijual seharga 50 poundsterling, hampir Rp 1 juta per 100 gram atau setara satu cangkir.

peterjon_esTak heran jika di Inggris kopi luwak hanya dijual di pusat perbelanjaan kelas atas. Setidaknya, itulah yang ditulis Daily Mail. Boleh jadi ketika mendengar asal kopi itu, penikmatnya akan gemetar.

Kafe Peter Jones, yang terletak Sloane Square, London, membuat kopi luwak tersohor di Inggris. Kafe Jones menjual espresso, americano, dan latte dengan biji kopi luwak sejak April 2008.

Jones mendapatkan bahan baku yang membuat kafenya terkenal itu dengan membeli 60 paket eksklusif campuran Jamaica blue mountain dan kopi luwak dari Indonesia. Biji kopi ini termasuk langka karena dipanen kurang dari 200 kg per tahun.

Luwak adalah hewan yang senang mengonsumsi buah-buahan, terutama kopi. Luwak bisa memilih biji kopi terbaik berdasarkan nalurinya. Hewan yang aktif di malam hari ini memilih buah kopi yang betul-betul masak dan berwarna merah sebagai makanannya untuk kemudian disortir kembali berdasarkan indera penciuman. Tetapi, hanya bagian luar buah kopi yang dicerna luwak, sedangkan sisanya dibuang bersama kotoran.

Buah kopi yang dimakan luwak akan bercampur enzim yang ada dalam usus hewan tersebut. Cairan kotoran itulah yang diyakini memperkaya cita rasa kopi luwak. Proses pencernaan buah kopi sebelum dikeluarkan kembali menjadi kotoran memakan waktu kurang lebih 12 jam. Kedengarannya menjijikkan.

Tetapi, justru itu yang menjadi keunikan dari aroma dan rasa kopi yang dihasilkan dari proses sistem pencernaan luwak. Karena proses dan rasanya yang khas, tak heran jika kopi luwak dinobatkan sebagai kopi termahal dan terunik di dunia. Kini para pelanggan kafe Jones bisa merasakan sensasi kopi luwak.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/perusahaan-a-merek/internasional/merek/11658-kafe-peter-jones-tersohor-berkat-kopi-luwak.html