Selasa, 04 Oktober 2011

Kata Mutiara Persahabatan Sejati

Kata mutiara persahabatan sejati terlahir dari untaian kata seorang sahabat yang telah merasakan pahit manisnya kehidupan yang dialami. Tiada satupun tersisa sebuah cerita perjalanan hidup kecuali ditemani oleh seorang sahabat sejati. Nikmati hari tanpa ada derita dihati yang mengekang jiwa membelenggu diri.


Tiada sahabat terbaik selain yang dapat menegur ketika khilaf dan membantu buat kebaikan. Sehingga kau akan menjanani kehidupan dengan penuh kebaikan dibarengi dengan sahabat yang menginginkan kebaikan.

Sahabat yang baik adalah seperti berteman dengan penjual minyak wangi, walaupun kita tidak membelinya tapi mnimal akan terciprati wanginya. Sedangkan sahabat yang buruk adalah seperti orang yang datang ke tukang pandai besi, walaupun tidak terkena apinya maka dia akan terkena asapnya.

Imam assyafi'i mengatakan "Berhijrahlah.. karena dalam hijrah ada kemuliaan. Jangan takut dengan teman yang kamu tinggalkan karena Allah swt. akan memberimu teman yang lebih baik lagi."

Orang yang terbaik diantaramu adalah orang yang ketika kamu melihat wajahnya maka akan mengingatkanmu kepada kebesaran Allah swt., ketika mendengar ucapannya maka bertambahlah ilmu agamamu dan apabila kamu melihat perbuatannya maka akan mengingatkanmu kepada kehidupan akhirat.

Bersahabatlah dengan orang yang shaleh karena akan membawa keberuntungan dunia dan akhirat, dan hatimu akan cenderung kepada keshalehan. Hindarilah sahabat ahli maksiat karena akan merugikan dunia akhiratmu dan akan mencondongkan hatimu untuk berbuat kemaksiatan serupa.