Minggu, 02 Oktober 2011

Pemkab berencana terbitkan buku sejarah

Rembang-Melihat wilayah kabupaten Rembang yang tak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia, mendorong Tim dari Kantor Kesbangpolinmas, Humas Setda, Masyarakat sejarawan Indonesia dan Legium Veteran berencana menerbitkan buku tentang perjuangan tokoh pahlawan di kabupaten Rembang dalam merebut kemerdekaan.


Menurut keterangan Kasubag pemberitaan dan analisis media Humas setda rRmbang Sudharmaji, Pembuatan buku sejarah ini rencananya akan diawali saat pendaratan tentara jepang pertama kali di Indonesia tepatnya di kecamatan Kragan dan Indramayu jawa barat.


Sebagai salah satu bukti peninggalan sejarah perjuangan pahlawan yakni adanya tugu lilin dan beberapa monumen lainnya. Namun diakuinya pemkab masih memiliki kelemahan karena sejarah kabupaten Rembang belum banyak yang didokumenkan atau dibukukan karena hanya sekedar cerita antar pejuang.


Sudarmaji menambahkan tim ini pada tahap awal akan menelusuri sumber sejarah dengan menemui beberapa tokoh pahlawan perjuangan kemerdekaan yang masih hidup.,atau masukan dari berbagai pihak yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selanjutnya apabila buku ini telah terbit nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi yang akan datang.