Minggu, 02 Oktober 2011

PEMKAB. HSS PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA


Senin (3/10) bertempat di halaman Kantor Bupati Hulu Sungai Selatan, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Tema upacara kali ini adalah dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila kita perkokoh semangat persatuan dan kesatuan menuju Bangsa Indonesia yang berkarakter. Upacara kali ini berlangsung hikmad.

Dimana 46 tahun yang lalu, pada tanggal 30 September 1965, peristiwa pembantaian 7 Jenderal TNI oleh PKI yang dikenal dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (PKI). Dengan kesigapan para TNI, G 30 S/PKI dapat ditumpas. Sejak saat itulah tanggal 30 September diperingati sebagai Gerakan Pengkhianatan PKI sehingga pada tanggal 1 Oktober diperingatilah sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dimana Pancasila sebagai dasar negara telah terbukti kebal terhadap ideologi komunis PKI. Dan gerakan PKI ini hampir saja meruntuhkan pondasi bangsa Indonesia yang dibangun dengan dasar Pancasila.

Sebagai pembina upacara yakni Bupati HSS Dr. H. M. Safi’i, M. Si. Hadir dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila Ketua DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Wakil Bupati HSS H. Ardiansyah, S. Hut, para Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) HSS H. M. Kusasi, SE, S. AP, MM dan H. Muchran, S. Pd. I, Sekretaris Daerah HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP, para pimpinan SKPD lingkup Pemkab. HSS, Dharma Wanita HSS, PKK HSS, GOW HSS. Adapun para peserta upacara adalah para karyawan dan karyawati lingkup Pemkab. HSS.

Dalam rangkaian upacara peringatan tersebut dibacakan Teks Pancasila oleh pembina upacara yakni Bupati HSS Dr. H. M. Safi’i, M. Si yang diikuti seluruh peserta, dan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh H. Mursidi, SKM, M. Kes serta pembacaan Ikrar Tragedi Nasional yang dibacakan oleh Ir. Udi Prasetyo, MP. (siska_hms)