Selasa, 04 Oktober 2011

Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook

Apa perbedaan laptop notebook dan netbook kadang masih menjadi bingung saat menjelaskannya. Sebagian orang menyangka kalau notebook itu lebih canggih dari laptop dan sebaliknya. Supaya tidak menimbulkan kebingungan di benak anda mari kita uraikan sekilas di blog usaha sukses ini :


Sebenarnya pada mulanya komputer pribadi ada dua jenis saja yaitu desktop dan laptop. Desktop merupakan komputer yang diletakkan diatas meja, sedangkan laptop adalah komputer yang lebih ringan yang dapat dioperasikan diatas pangkuan. Pada perkembangannya banyak orang yang menggunakan laptop ditaruh diatas meja juga karena memangku laptop menjadikan suhu atau hawa yang ditimbulkan menjadi sangat panas.

Setelah itu muncullah model laptop yang lebih kecil dan ringan, yang kemudian disebut dengan notebook karena dapat dibawa seperti halnya menjinjing buku. Jadi sebenarnya laptop dan notebook tidak ada bedanya, keduanya sama-sama komputer mini. Yang membedakan hanyalah dalam hal penyebutan istilah akibat penempatan posisi pemakaian dan cara membawa komputer mini itu sendiri.

Sedangkan perbedaan antara laptop atau notebook dan netbook adalah pada ukuran yaitu netbook hanya 8-10" dan berat 1kg-an, sedangkan notebook ukuran mulai 10-17". Pada saluran Input dan Output netbook hanya terdapat slot usb, sedangkan notebook mempunyai optical drive dan slot usb.

Harga netbook sekitar 2.5 - 5 juta, sedangkan notebook minimal 5 juta keatas. Kalau dilihat dari performa maka netbook dipasang hanya intel atom hanya cukup untuk ngenet dan nonton video, sedangkan notebook memilki performa lebih tinggi.