Minggu, 02 Oktober 2011

SMKN 2 Agendakan Buka Jurusan Baru

Rembang-SMKN 2 Rembang akan membuka jurusan baru tekhnik perkapalan pada tahun pelajaran mendatang. Saat ini proposal sedang disusun, kemudian diajukan ke Dinas Pendidikan setempat untuk diproses pengajuannya ke Dinas Pendidikan Propinsi dan Kementrian Pendidikan Nasionl.


Kepala Sekolah SMKN 2 Rembang, Gatot Raharjo menjelaskan, Gebrakan ini telah disampaikan oleh Bupati Rembang H Moch Salim, khususnya untuk memajukan sekolah kejuruan berbasis kelautan dan perikanan yang ada di Kabupaten Rembang .


Disebutkan Gatot Raharjo, Program yang dia sampaikan bukan asal-asalan, namun sebelumnya sudah melakukan penelitian dan kajian bila kapal milk nelayan Rembang selama ini jika mengalami kerusakan diperbaiki di luar daerah yaitu Juana Kabupaten Pati dan di sejumlah docking kapal di Kabupaten Batang. Sementara galangan kapal yang ada di Kabupaten Rembang, hanya memproduksi kapal, tidak ada yang membuka usaha perbaikan.


Oleh karena itu lanjut Gatot Raharjo, peluang membuka jurusan tekhnik perkapalan terbuka lebar, khususnya bidang docking kapal yang akan menjadi unggulan dari jurusan baru tersebut. Pihaknya sudah mengandeng tenaga ahli bidang perbaikan kapal dan segera direkrut menjadi pengajar di SMKN 2 Rembang, begitu ijin membuka jurusan baru tekhnik perkapalan mendapat persetujuan.


Gatot Raharjo menambahkan, selain mempersiapkan sumber daya manusia khususnya tenaga pengajar, pihaknya tengah merehab bangunan sekolah untuk menampung siswa jurusan baru di tahun pelajaran mendatang. Selain itu, juga telah melakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah pemilik galangan kapal untuk praktek pelajaran produksi kapal dan menyiapkan tempat praktek docking kapal di tempat tersebut.