Rabu, 05 Oktober 2011

Tips Membuat Makalah Yang Baik

Cara membuat makalah adalah topik yang dicari oleh pelajar dan mahasiswa yang akan memulai membuat makalah ilmiahnya. Tips membuat makalah yang baik berikut ini akan memaparkan kepada anda tentang cara pengambilan ide dan pengembangannya sehingga menjadi makalah yang siap dipresentasikan.


Makalah adalah karya tulis yang umumnya dibuat oleh pelajar atau mahasiswa tentang suatu bahasan ilmiah dengan gaya bahasa resmi dan siap untuk dipertanggungjawabkan dalam sidang dengan dosen pengajar. Kelengkapan yang harus ada dalam sebuah makalah adalah terdiri dari kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, landasan teori, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.

Memilih topik bahasan makalah
Topik makalah haruslah bahasan yang bersifat ilmiah, bukan sesuatu yang fiksi. Carilah topik yang dapat menggali bahasan yang luas dan bermanfaat. Bahkan topik yang baik akan dapat menyumbangkan suatu ilmu bagi dunia pendidikan. Tetapi topik juga harus dipertimbangkan dengan kemampuan anda dalam membahasnya, jangan sampai anda kehabisan ide di tengah pembahasan.

Tentukan tujuan pembuatan makalah
Anda harus merumuskan apa sebenarnya tujuan anda membuat makalah dengan topik tersebut, apakah untuk menjelaskan dampaknya? apakah menjelaskan cara prosesnya? Atau membuka fakta baru yang belum terungkap? Semua tujuan tersebut harus didefinisikan dengan jelas sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.

Membuat outline makalah
Mulailah dengan menulis judul dan membuat Bab-bab yang berhubungan dengan pembahasan judul dengan menggunakan angka romawi I II III IV dan seterusnya. Pada setip Bab dapat diperinci lagi dengan sub Bab yaitu penjelasan atau topik yang dibahas seputar bab tersebut dengan menggunakan tanda I.1 I.2 I.3 dan seterusnya. Dengan menulis outline maka anda akan mempunyai gambaran besar tentang keseluruhan Bab yang akan anda tulis atau bahas. Sehingga dapat memudahkan dalam penyusunan.

Menuliskan tubuh esai makalah
Bahaslah setiap sub bab dengan data yang anda proleh dan pengolahan data sehingga menghasilkan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi pembaca makalah anda. Gunakan juga opini dan pandangan anda mengenai masalah tersebut supaya isi makalah lebih berisi. Gunakan gambar dan diagram yang relevan sehingga dapat memperjelas bahasan. Tulislah dengan bahasa yang baik, sopan, jelas dan mengikuti aturan ejaan yang benar. Gunakan huruf yang umum digunakan untuk membuat makalah seperti Arial dan Times new roman.