Minggu, 02 Oktober 2011

WABUP BUKA LOMBA KADARKUM TINGKAT KAB. HSS TAHUN 2011


Pemukulan gong oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan H.Ardiansyah, S. Hut menandai dibukanya secara resmi lomba keluarga sadar hukum (kadarkum) tingkat kabupaten HSS tahun 2011. Pembukaan lomba tersebut dilaksanakan Senin (3/10) di gedung Kesenian Dinas Pendidikan HSS. Pada lomba ini diikuti oleh para pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang ada di HSS. Masing-masing mengirimkan 5 orang perwakilan dan juga pendamping. Adapun yang menjadi Dewan Juri pada lomba ini diambil dari Pengadilan Negeri Kandangan dan Polres HSS serta yang menjadi pengantar pemandu dari pengadilan Negeri Kandangan. Pada lomba ini dilaksanakan dalam 3 tahapan yakni tahap pertama berupa tanya jawab antar kelompok, tahap kedua berupa bonus dan tahapan yang ketiga adalah sesi rebutan.

Dalam sambutan tertulis Bupati HSS Dr. H. M. Safi’i, M. Si yang dibacakan oleh Wakil bupati H. Ardiansyah, S. Hut menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat. Kesadaran hukum tidak akan terwujud apabila tidak didukung oleh budaya hukum yang mantap baik oleh aparat penegak hukum maupun oleh masyarakat. Beliau berharap, dengan upaya tersebut nantinya daspat menciptakan budaya hukum dalam bentuk tertib, taat dan patuh terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku demi tegaknya supremasi hukum. Dan dengan adanya Kadarkum nantinya bisa menghimpun masyarakat dengan kemauannya sendiri untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya sendiri.

Dalam sambutannya dijelaskan maksud dari kegiatan tersebut yakni untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat pemahaman masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan sebagai salah satu cara untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak terjerat masalah hukum. Kemudian Beliau berharap agar setiap anggota masyarakat dapat mengetahui dan meningkatkan kesadaran terhadap hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia serta memahami dan menaati hukum yang berlaku. Dan kepada para peserta lomba agar dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, karena bagi yang berhasil memenangi lomba akan dipercaya mewakili Kab.HSS untuk diikut sertakan pada lomba Kadarkum tingkat Provinsi kalimantan Selatan pada bulan November 2011 mendatang.

Zaini Fahri, SH selaku panitia penyelenggara menyampaikan laporannya bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan khususnya bagi para pelajar tentang peraturan perundang-undangan Kadarkum sehingga nantinya timbul kesadaran khusus bagi para pelajar. Adapun peserta lomba dari SMAN 1 Kandangan, SMAN 2 Kandangan, SMAN 3 Kandangan dan SMKN 1 Kandangan. Beliau berharap sebagai generasi muda dapat mempelajari, memahami dan memaknai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. (siska-hms)